pkmtadoy@gmail.com 085298401490 (Santje)
pemkab-bolmong-usulkan-akreditas-untuk-empat-puskesmas-1689291163

Pemkab bolmong usulkan akreditas untuk empat puskesmas

Setelah tiga Puskesmas di Bolaang Mongondow (Bolmong) masing-masing Puskesmas Tadoy, Inobonto dan Mopuya mendapatkan akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong menyiapkan empat Puskesmas lainnya yakni Puskesmas Poigar, Maelang, Pangian, dan Doloduo guna mendapatkan akreditasi serupa.

Menurut Kepala Dinkes Bolmong, Julin Papuling, penilaian yang dilakukan tim survei akreditasi dari Kemenkes meliputi dokumen Puskesmas menyangkut administrasi, usaha kesehatan perorangan dan usaha kesehatan masyarakat dan dilakukannya penelusuran ke individu atau masyarakat tentang pelayanan petugas kesehatan atau Puskesmas.

“Kami bersyukur Puskesmas yang diakreditasi dapat segera memperbaiki atau membenahi apa-apa yang menjadi koreksi dari tim, lebih khusus dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, meski dari sebanyak 17  Puskesmas yang ada di Bolmong baru ada tiga yang terkreditasi, pihanknya akan terus berupaya agar bisa terakreditasi semua. “Kita upayakan pada 2019 semua Puskesmas di Bolmong sudah terakreditasi,” ujarnya.

Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk, mengatakan ini adalah bentuk tanggungjawab Pemkab Bolmong meningkatkan pelayakanan kesehatan. “Persoalan peningkatan mutu pelayanan kesehatan terus kita upayakan,” katanya. (Mg3)